Kamis, 23 Januari 2014

Hadiah Terindah di Bumi Bromo.

Waktu itu kita nongkrong di tempat biasa, ya dimana lagi kalau bukan di Angkringan depan kampus kita. Saya, Lek Baim, Said, Addin, dan Muthia itulah kami pelaku sejarah yang mencetuskan untuk liburan ke Gn. Bromo. Dari pembicaraan itu yang paling antusias adalah saya dan  Said, kenapa demikian? saya yakin kalian pasti tahu jawabanya. Iya, itu jawabannya. Saya dan Said belum pernah ke Gn. Bromo. Said sendiri sebagai anak rantau dari Ambon, pulau Maluku sana. Sebenarnya yang mengusulkan buat kesana adalah saya, dan Said pun sangat mendukung saya. Saya ngiri dengan teman-teman kuliah maupun SMA yang memajang foto - fotonya di Bromo. Baik di akun facebook maupun twitternya, yang terpampang jelas dengan pose alay dengan background Gn. Bromo (Ngomong dalam hati: Shit). Ada kesempatan datang, saya langsung sergap, makanya saya mengusulkan untuk pergi ke Bromo. Awalnya ada dua kunjungan, pertama ke Gn. Bromo dan selanjutnya ke Air terjun Madakaripura. Tapi ke Air Terjun Mardakaripuranya nggak jadi. Pengen tahu alasannya, baca dulu dong sampai selesai. Semangat.

15 November waktu yang kita pilih buat pergi ke Gn. Bromo. Dari situ kita promo ke teman-teman yang lain. Lewat akun twitter saya, ternyata teman-teman kuliah saya menanggapinya dengan antusias. Di tengah perjalanan menuju tanggal 15 November itu, teman kami Muthia mengundurkan diri, tahu kenapa? karena tidak di ijinkan oleh Bunda tercintanya. Dan yang paling kasian adalah mas Addin. kalian pasti tahu alasannya. Dan yang paling bahagia adalah saya sendiri, karena bisa mengajak someone ke Bromo. hehe Padahal dia rabu malamnya baru pulang dari Semarang, dari acara Beswan Djarumnya. Tak paksa sedikitlah buat ikut, walaupun saya tahu dia masih ngerasa kecapekan. Dan akhirnya dia mau. Bromo broo..!! Masak moment baik ini nggak bisa di jalani berdua (Cowok yang jahat banget kan saya). Pikir saya.  H-1 pemberangkatan total yang ikut ada 12 anak. Mereka adalah Saya mhc, Nita (Pacar saya), Addin, Bang Baim, Said, Alista, Ichsan, Pipit, Angga, Fajar, temannya Fajar (Lupa namanya "Cewek"), dan temannya Addin dari Komunitas Vespa.
Potret Kami. Di belakangnya tuh Kawa Bromo.

Potret kami: Nyengir

Jum'at malam kami pilih buat berangkat munuju Gn. Bromo. Saya mengirimi pesan ke teman-teman, kalau kita akan ngumpul dulu untuk mengisi amunisi di tempat biasa (Angkringan depan kampus). Jam 8 malam tepat harus berada di angkringan. Setelah jam 8 tepat yang berkumpul hanya Saya, Bang Baim, Nita dan Said. Inilah calon generasi penerus bangsa, membiasakan jam karet. Setelah jam 9 tepat barulah komplit formasi kita, ke sebelas anak berkumpul. Sendah gurau kita omongkan (Banyak omongan-omongan nggak jelas sih. hehe). Jam 9.30 tepat kita berangkat dari pijakan kita, yaitu Angkringan. Tak lupa kami panjatkan doa bersama - sama agar di perjalanan yang jauh ini tidak mendapat kendala yang berarti, berdoalah kita dengan di pimpin oleh mas Said. Iring-iringan motor kita dengan start paling depan adalah Bang Baim. Tak lupa juga teman - teman saya Intruksikan buat mengendarainya tidak cepat-cepat, karena waktu kita di jalan masih panjang. Saya sendiri berada tengah, dan yang paling belakang adalah Addin.

Sampailah kita di kota Delta Mania (Julukan Suporter team sepak bola kebanggaan kota Sidoarjo). di situ hujan mulai rintik-rintik turun, tepatnya di Alun-alun Sidoarjo. Kita pun terus melaju terus tanpa memikirkan hujan kecil mungil itu. Setelah 2 jam berjalanan sampailah kita di Kota pasuruan, Hujan berhenti ketika kamu datang. Kita hanya di sugui jalanan yang licin dan lalu lalang Truk-truk besar. Jujur kalau benar-benar tidak waspada Taruanya adalah.... Ah.. sudahlah. Hujan pun akhirnya mengguyur kita di Kota Pasuruan, tepatnya saya lupa dimana. Pokoknya rombangan kami berhenti di depan Toko Ritel. Tau nggak toko ritel itu apa?. Iya itu jawabannya. Alfamart jawabanya. di situ kita berteduh kurang lebih selama 3 Jam. Alfamart pun kami grebek, dengan membeli bermacam-macam minuman dan makanan. Saya melonngoh sejenak ketika di sebelah Alfamart ada toko sejenis, dialah Indomaret. Berhubung tempat parkir sepeda lebih dekat dengan Alfamart, kita lebih memilihnya. Yang saya salut adalah keduanya walaupun bersaing, tapi bersaing secara sehat. Dimana ada Alfamart pasti ada Indomaret. Rasa - rasanya mereka adalah saudara yang di tukar (Kayak Sinetron).

Setelah 3 jam lebih kita menunggu, hujan pun mau berhenti. Kita pun memutuskan untuk memaksakan berangkat. Pikir teman-teman "Takut telat sama yang namanya Sunrise di Bromo". Akhirnya pun kita sematkan Jas hujan yang kita bawah masing - masing. Tak lupa juga kita lepaskan sepatu yang kit pakai. Takutnya basah di perjalanan. Iring - iringan motor kami pun, lagi - lagi di temani Truk - truk besar yang tak tahu isinya itu apa. Maklum ini kan jalanan Pantura menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Setelah beberapa jam, sampailah kita di perbatasan Pasuruan dan Probolinggo. Tepatnya di Kecamatan Nguling. Di Kecamatan Nguling kami sudah di tunggu temannya Addin. Teman Komunitas Vespanya yang dia ikuti. Ketika sampai di rumahnya kita di sambut bak seorang raja. Benar - benar sangat di Istimewakan. Serasa teman lama yang sudah lama tak berjumpa. Padahal baru kenal waktu itu. Kita di sugui semoci teh dan kopi hangat yang benar-benar nikmat. Saya lebih memilih kopinya, biar nggak ngantuk di perjalanan. Maklum Jarum jam sudah mengarah ke nomor dua. Setelah beberapa menit pun kita berangkat dari rumah temannya Addin. Kalau waktunya sudah nggak mepet, kita sangat antusias di ajak buat mengobrol berjam-jam. Bener-bener bersahabat, walaupun kenal hanya beberapa menit. Kita pun berangkat dan masuklah kita di Kabupaten Probolinggo. beberapa menit kemudian, sampailah kita di pertigaan, kalau lurus itu mengarah ke Jember, Banyuwangi, dan Bali dan kami memilih belok kanan karena menuju ke Gn Bromo yang menjadi tujuan utama kita.

Perjalanan yang begitu menyeramkan, gelap gulita, yang saya lihat hanya lampu kecil rumah warga dari jauh kita mengendarai. kanan kiri pun tidak sebegitu jelas terlihat. Tapi inilah perjalanan yang kita pilih untuk samapai di Gn. Bromo. Hawa dingin mulai sangat - sangat terasa di sekujur badan saya, terutama kaki dan tangan. Benar - benar hawa Gn. Bromo menyambut kedatangan kita berdua belas ini. Syukur Alhamsulillah saya panjatkan kepada sang pecipta dan berdoa pula agar tidak terjadi apa - apa di perjalanan menuju Gn. Bromo. jalanan yang licin, berkelok - kelok dan naik turun. Benar - benar perjalan yang tak terlupakan yang kita lewati itu. Sampailah kita di Pertigaan Air Terjun Madakaripura, kita pun lurus saja dengan jalan yang sangat - sangat menanjak. Sampai - sampai motor teman saya nggak kuat untuk melaluinya. Saya dan fajar lebih dulu berada di depan, karena motor kita tidak ada kendala sedikitpun. Maklum motor saya dan fajar motor cowok, makanya kuat di tanjakan. Tak lama kemudian sampailah kita di Pom Bensin terakhir di area Gn. Bromo. Kita lepas jas hujan yang kita pakai, dan di gantilah dengan sepatu. Hawa yang begitu dingin membuat saya sering bolak - balik kamar mandi, benar-benar mengalahkan hawa di Malang dan Puncak Gn. Penggungan.

Waktu menunjukan pukul 3 pagi, mata sembab, ngantuk, capek berpacu dengan semangat kita yang ingin menikmati Sunrise di Bromo. Sehabis, Istirahat, Ke kamar mandi, ngisi bensin kita pun langsung Go ke Gn. Bromo. Dengan di temani Jepp yang begitu semangat menaiki jalanan yang licin itu. Lalu lalang Jepp sangat membuat kita kerepotan, nggak mengalah sama kita yang hanya mengendarai roda dua. Jujur ini perjalanan yang tak terlupakan, mengandarai motor dengan tanjakan yang super duper curam. Terkadang kanan itu Jurang, dan terkadang kiri pun jurang. Cukup menakutkan untuk pengendara yang sedang capek, dan ngantuk ini. Lagi-lagi taruhannya adalah.... Ah.. sudahlah. Tapi saya yakin, semua akan terbayarkan setelah kita sampai disana (Gn. Bromo). Pikirku ketika Saya, Ichsan dan fajar sampai di pintu masuk Wisata Gn. Bromo "Saya yang mengendarai motor cowok saja kerepotan untuk mengendalikan, bagaimana teman-teman saya yang memakai motor matic dan bebek", Kasian banget mereka. Saya, Ichsan dan Fajar pun menunggu mereka yang masih pilu dengan motor. Menunggu kabar dan cerita dari mereka bagaimana keadaannya tadi. Ternyata dugaan ku benar Bang Baim, Angga, dan Addin sempat Menuntun sepedanya yang nggak kuat lagi mengarungi jalanan menanjak. Untung mereka nggak apa-apa, cuma nafas yang kencang dari hidungnya. Sialnya lagi harga tiketnya naik, kata bang baim. Saya, Ichsan, dan Fajar yang nggak tahu harga tiket awalnya, mengiyakan saja. tanpa negosiasi - negosiasi kecil yang di lakukan Bang Baim. Pikirku Ya sudahlah....

Bumi Bromo

Kita pun istirahat sebentar menunggu redahnya rasa capek teman-teman yang habis menuntun sepeda tadi. Tapi hawa semakin dingin, sampai-sampai terasa di tulang. Benar - benar kayak masuk ke dalam kulkas. Kita pun melanjutkan perjalanan, semakin kita berhenti beraktifitas, semakin kedinginan badan kita. Makanya kita melanjutkan perjalanan. Lagi kita di suguhi pemandangan tebing yang begitu memukau mata dan juga jalanan yang begitu menanjak. Pikir saya sedikit lagi nyampek di Gn. Bromo, ehh ternyata masih panjang perjalanannya. Setelah setengah jam perjalanan, sampailah kita di hamparan pasir yang luas, gelap, dan kabut yang sangat mengganggu penglihatan kita. Karena kabut yang tebal sekal, jarak pandang kita hanya 1 - 4 meter saja. Hanya lampu motor yang dapat meneranginya. Kita mengikuti arah jeep di belakangnya, karena kita yakin itu jalan yang benar. Tibahlah kita di suatu tempat, di depan tebing yang menjulang tinggi, yang saya herankan, ada orang berjualan di situ. Wah. mumpung kabanyakan teman-teman laper, mampirlah kita. Kata bapak yang berjualan, ternyata di atas tebing sanalah tempat kita meihat sunrise yang paling bagus di Gn. Bromo. Karena melihat tebingnya yang begitu menanjak, kitapun mengurungkan niat buat pergi ke atas tebing sana. Karena kita tahu, motor sebagian tema-teman kita nggak kuat dengan jalanan yang begitu menanjak itu. Kita putuskan untuk menetap di tempat jualan, sembari menunggu datangnya fajar tiba (Matahari terbit). Teh dan mie gelas yang kita pilih buat menghangatkan badan dan mengurangi rasa lapar. Ada teman kita yang istirahat dan tidur sejenak, mungkin dia merasakan kelelahan yang sangat hebat, Maklum perjalanan jauh dan tanpa tidur sama sekali..

Matahari pun terbit, kita pun bergegas bangkit dari keterpurukan kita dari kedinginann yang menderah ini. Tahu nggak apa yang kita lakukan setelah mulai terang bumi ini?, Iya itu jawabannya. Kita pun langsung mengabadikan moment kita di Gn. Bromo ini. Bagi saya ini adalah kado terindah saya di Ulang tahun saya yang ke 21 tahun bisa berdiri di bumi Bromo (Saya sudah tua banget ya?), sembari berbicara di dalam hati. Saya berucap banyak terima kasih kepada Allah SWT, tuhan saya, dan teman-teman saya yang bersama saya di bumi Bromo ini, dan tak lupa juga terima kasih banyak buat si dia yang mau menyempatkan waktunya buat menemani saya pergi ke Bromo.

Kita pun sepakat untuk pergi ke kawa Bromo, sekitar pukul 7 pagi kabut mulai hilang dan keagungan sang pencipta pun terlihat. Dengan semangat kita menaiki sepeda motor dan bergegas ke Kawa Bromo. Ternyata rame juga pengunjungnya, maklum musim liburan waktu itu. Bukan liburan kuliah, tapi liburan sekolah. Jeep terlihat berjejer - jejer di depan kuil (tempat peribadatan Masyarakat Bromo). Terlihat dari bawa pula, saya menongok ke tangga kawa yang jauh disana, orang-orang yang antri menaiki seperti semut yang berurutan jalannya. Tidak hanya wisatawan Domestik, Wisatawan mancanegara pun sangatlah banyak. Tak hanya itu, Ada juga Ojek kuda (Saya menyebutnya seperti itu), mereka mengangkut turis - turis mancanegara dan Wisatawan domestik antara 30 - 100 ribu (Naik dan Turun). Pas saya tanya ke bapak yang menyediakan jasa Ojek kuda, kalau wisata Mancanegara di tarif 70 ribu - 100 ribu dan wisata domestik di bandrol di bawah 70 ribu. Tergantung cara menawarnya juga, Makanya pintar - pintar menawar kalau naik Ojek Kuda. Kemarin saya di tawari 40 ribu, tapi saya nggak mau. Mending jalan kaki sehat. haha. Ojek Kuda hanya mengantar sampai tangga kawa, selebihnya kalian Usaha ke sana sendiri. hehe. Melihat kanan kiri banyak orang jualan jajan - jajan, oleh - oleh khas bromo (Koas), Bunga Abadi, dan lain sebagainya. Ketika di tangga saya benar - benar merasakan seperti bebek yang ngantri buat masuk kandangnya (Rumah Tinggalnya), benar-benar harus jalan berurutan secara pelan-pelan. Kalau saya hitung setiap naik satu anak tangga itu bisa 3 - 7 detikan, coba kalian bayangkan ramenya kayak apa. Tapi menurut saya itu, Hikmahnya ada. Kenapa saya ngomong seperti itu?, ya karena bisa mengurangi rasa capek, dari pada buru-buru, pasti nafas ini bengek. (Kembang kempis ini nafas) hahaha. Pokoknya Amazing bangetlah. So, kalian pembaca harus coba.

Kurang lebih setengah jam perjalanan dari bawah tangga kawa sampai ke atas kawa. Kanan kiri rame banget manusia, semuanya berjubel kayak mau ngantri ngambil sembako. Yang saya rasakan adalah Senang dan takut, kenapa? Senang karena melihat ke indahan bromo dan puncak kawa dan takut karena jujur saya takut ketinggihan, lebay pokoknya kalau berada di ketinggihan. Pengen foto di background kawa saja sampai antri dulu, bayangkan ramenya kayak apa. Oiyah saya juga berfikir aneh - aneh yang negatif, kalau kawa ini bakal longsor. hehe. kenapa coba?, dengan banyaknya orang di atas ituloh, pembatas kawa bisa menopang banyaknya pengunjung. Bagi saya itu menakutkan, karena takut longsor. Hanya setengah jam saya disitu, sebenernya teman-teman pengen berlama-lama di atas sana, tapi karena saya yang penakut ini, akhirnya kita pun turun. Lagi-lagi kita harus antri ketika menuruni anak tangga. Waktu itu di depan saya adalah turis asing yang saya nggak tahu mereka ngomong apa. Maklum kita beda spesies.

Ini Jepretannya di Gn. Bromo (Bukti Sejarah) :-D :

Bersama si dia. :-)

Dari Kiri: Angga, Ichsan, Baim, Saya, dan Addin

Mau naik ke ke Kawa Bromo
Saat menaiki tangga menuju Kawa

Inilah kawanyanya, setelah menaiki tangga dengan
 perjuangan ekstra. :-)

Inilah Kawanya. Sangat menakutkan. :-)
Menuruni tangga kawa Bromo.
Mending turun dari pada naik. Iya apa iya
?

Saat di atas puncak Kawa, Background Gn. Bromo

Inilah panjang tangganya. Kurang tahu berapa
banyak tangganya. Ratusan anak tangga yang saya rasakan.
Bener-benar melelahkan untuk orang sebesar saya. :-D

Sampailah kami di bawah dan kami sudah di tunggu oleh teman kita yang lain, Fajar dan Bang baim menunggu di bawah. Mereka berdua nggak ke atas kawah karena kecapekan dan juga karena mereka sudah pernah ke atas kawa sana. Mereka berdua menunggu di bawah dan tidur dengan karpet kecil yang mereka bawah. Rasa Lapar mengalahkan ke indahan panoramo Bumi Bromo, berlama-lama disini tak mengenal waktu. Sekitar pukul 10 pagi kita bergegas balik dan pergi meninggalkan kawa Bromo. Karcis pun kami bayar, seharga 5 ribu rupiah yang bagi saya itu mahal. Tapi mau gimana lagi, Ya sudahlah. haha. beriringan motor kami meninggalkan kenangan yang mungkin menjadi bahan cerita kami nanti, itulah Bumi Bromo.

Rasa lapar mulai terasa, kita pun mencari tempat makan yang murah muriah. dapatlah kita sebuag depot makan di dekan Gapura pintu masuk wisata Gn. Bromo. Tampak lemas, letih, dan lesu di raut wajah teman. Pesanlah kami dengan menu makanan yang berbeda-beda, ada yang pesan Rawon, Nasi Pecel, Nasi Lalap Ayam, Mie Goreng, Nasi Kare, dan Pecel lele. Hehehe. Saya masih ingat betul, karena saya yang memesankan itu semua. Di tengah menunggunya Asumpan gizi itu, kita akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan wisata lagi. Yang awalnya pergi ke dua tempat, yaitu di Gn. Bromo dan Air Terjun Madakaripura menjadi Gn. Bromo saja. Alasan pertama karena teman - teman sudah merasakan kelelahan, terutama teman cewek. Mereka menolak mentah - mentah karena kecapekan. Kita kaum Adam memaklumi itu semua, jujur saya kecewa berat. Tapi mau gimana lagi. Akhirnya kami memutuskan untuk langsung pulang ke Surabaya, tak lupa kami di perjalanan meminta untuk singgah di Masjid untuk sekedar membersihkan badan kita. Tapi temannya Addin malah melarang, temannya menyuruh kita untuk langsung ke rumahnya saja buat bersih - bersih dan beristirahat. Kita pun mengiyakan dan lekas pergi ke rumahnya yang ada di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan (Perbatasan Probolinggo dan Pasuruan).

Capek dan Ngantuk menemani perrjalanan pulang kami, di tambah iringan rintik-rintik hujan yang penuh dengan romanstisme. hehe. Kanan kiri terlihat pemandangan yang sangat-sangat indah ciptaan sang Maha Kuasa. Jalan licin juga menemani kita menikmati kelak - keloknya menuruni jalan. Yang tadinya ngantuk, menjadi benar-benar mata ini mengangah, berkonsentrasi dengan medan jalan. Bener - benar mengesankan, sesekali kita harus berhenti karena harus mengalah dengan mobil angkutan desa. Kalau nggak gitu kita yang akan terhantam kendaraan besar itu. Hamparan pertanian saya saksikan sesekali, melihat kanan kiri banyak sekali tanaman sayur mayur yang begitu segar di pandang. Rasa-rasanya pengen tak bawah pulang ke kota Gresik, biar di masak Ibu saya. Maklum, saya pecinta sayur mayur apapun, kecuali sayur mayur yang baru tahu (Tak asing di mata saya).

Siang, sekitar pukul 12.30 WIB tibalah kami di rumah temannya Addin. Kita di sambut ramah dengan orang tua temannya Addin. Maaf ya pembaca sebelumnya, jujur saya lupa namanya temennya Addin. Makany saya bilang "Temennya Addin" saja. hehe. Kami pun di persilahkan istirahat, dan mandi. Bergantiahan mandi, Cewek-cewk di persilahkan untuk mandi duluan dan cowok belakangan. Ladies First bro.. Iya apa iya?. Saya menjadi nomor urut ke dua setelah temannya Addin mandi. Benar - benar rasanya air pegunungan itu masih terasa, walaupun sudah jauh dari pegunungan, segar sekali airnya. Saya lama-lamakan mandinya, menikmati segarnya mandi. Hahaha. Rasanya di bilang dingin banget ya nggak, di bilang biasa ya nggak, pokoknya pas bangetlah takaran rasa dinginnya. Setelah selesai keberuntugan itu singgah, keluar kamar mandi ehh.. sudah di sambut hidangan Makan siang yang di sediakan tuan rumah. Benar - benar beruntung sekali saya ini. Rawon hidangan utamanya. hahaha. bikin ngiler pokoknya. Setelah memakai pakaian ganti, merapatlah saya bersama teman - teman buat makan siang.

Musuh saya datang setelah makan itu, di tambah hawa yang dingin - dingin gimana gitu. Siapa dia? Kalian pasti tahu, ini musuh kalian juga. "Ngantuk" Jawabannya. hehehe. Dan yang kalah adalah teman - teman saya, sehabis makan langsung tidur. Saya seh nggak tidur, saya mengalahkan musuh itu dengan jalan - jalan di halaman rumah temanya Addin. Setelah jalan - jalan nganter si dia buat makan keluar. Dia nggak mau makan karena hidangannya sudah habis, dari sinilah kalau makan sama cowok itu malu-malu in. Mending makan sama cewek kan kalau mertamu ke rumah orang. hehe. Saya antar dia ke jalan besar (Jalanan Pantura), dia pilihlah sebuah warung sederhana. Warung Rawon Nguling, Rawon yang khas di daerah Nguling sini. Tapi saya nggak makan, hanya dia yang makan. Masak makan lagi saya, kan sudah makan tadi di rumah tuan rumah. Saya hanya minum secangkir kopi, biar fress ini mata. Setelah selesai kembalilah saya ke rumah temannya Addin tadi,  ehh... nyampek-nyempek teman-teman sudah berkemas buat balik. Dengan gerak cepat saya mengambil barang bawahan saya. Pamitlah kita ke tuan rumah. Mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada kawan baru yang sudah rela menyediakan tempat Istirahat buat kita. Sekitar pukul 3 sore kita beranjak dari rumah temannya Addin.

Itu adalah Hadiah Ulang tahun terindah buat saya, bisa berada di Bumi Bromo, di Kabupaten Probolinggo. Di samping itu bisa di temani kebersamaan teman - teman Kuliah dan juga di temani si dia. hehehe. Thanks buat Mereka yang benar - benar bisa membahagiakan saya. SIPIL SUPER SOLID.

MH. Chifdzuddin
28 Januari 2014 Pukul 18.05 WIB
Kost Perum IKIP A 165 & Kantin FTSP UPN "Veteran" Jawa Timur.