Selasa, 07 Januari 2014

Ngopi? Yo Angkringan: Menjamurnya Angringan di Kota Pahlawan.

,
Menjamurnya angringan di kota Pahlawan, Kota Surabaya. cukuplah kaget saya ternyata ada banyak sekali angkringan yang ada di Kota Metropolitan ini. Tapi ankgringan di Surabaya masih kala dengan jumlah Warung Kopi (Warkop). Tapi bagi saya Kopdar (Kopi Darat) paling asyik di Angkringan. Kenapa demikian? bagi saya angkringan itu cita rasanya serasa dengan lidah kampung seperti saya pribadi. hidangan yang di sajikan sangatlah menarik mata kita. Terutama buat kantong Mahasiswa seperti saya ini sangat pas dengan harga yang relatif murah ini. Hampir seminggu 3-5 kali dengan teman-teman kuliah maupun Organisasi Ngopi di angkringan depan kampus kami (UPN "Veteran" Jawa Timur). Maklum saya pecinta kopi. Jujur di lidah saya lebih cocok kopi angkringan dari pada kopi warung kopi. Cita rasanya jauh berbeda. 

Kali ini saya bercerita sedikit tentang sejarah Angkringan. Angkringan ini berasal dari Kota Keraton, Jogjakarta. Angkringan di jogja merupakan sebuah romantisme perjuangan dalam menaklukan kemiskinan. Angkringan di Jogja di pelopori oleh seorang pendatang dari Cawas, Klaten. Bernama Mbah Pairo pada tahun 1950-an. Cawas yang secara geografis termasuk wilayah Klaten, Jawa Tengah yang merupakan daerah tandus, terutama di musim kemarau. Tidak adanya lahan subur yang bisa di andalkan untuk menyambung hidup, membuat mbah pairo mengadu nasib ke Kota Jogjakarta. itulah secara Historis sejarah awal mulah Angringan ada. Mbah Pairo bapak Angkrinag Jogjakarta.


Di Surabaya sendiri yang pernah saya kunjungi ada 5-8 Angringan: Angkringan di Depan Kampus saya sendiri, Angkringan Ngudi Raos di Jln. Arif Rahmat Hakim, Angkringan Banyu Anget di sebelah Kampus Perbanas, Angkringan di Jemur Sari ada 2, Angkringan Ngudi Raos di Jln. Airlangga dekat kampus Unair B,Angkringan di Jln. Ngaggel.dan lain sebagainya.menjamurnya Angringan ini karena Surabaya adalah kota berkumpulnya Mahasiswa untuk menimbah ilmu. banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Kota Pahlawan ini..

 di Jogjakarta sendiri Angkringan pengunjungnya di dominsasi oleh pelajar dan mahasiswa. di Surabaya kenapa nggak? Strategi Pera Pebisnis Angkringan. Nah ini Pebisnis Angkringan melihat banyak Institusi pendidikan di Surabaya, sehingga mereka berfikir sangatlah cocok berbisnis Angkringan di Kota Pahlawan. Angkringan di Surabaya mulai membumingnya di tahun kemarin, tahun 2013. Tak ayal di Surabaya sekarang dominsasi pengunjung Angkringan di Surabaya adalah Mahasiswa dan pelajar. 

Kalau ngomongin tempat favorit angkringan saya, ya di Angkringan Ngudi Raos Jln. Arif Rahmat Hakim, Depan Kampus Universitas Putra Bangsa. Dan sebelahnya kampus WR. Supratman. Kenapa Angkringan ini? lidah saya sudah jatuh hati dengan rasa yang di tawarkan Angringan ini. Dulu sewaktu Kost di daerah Keputih (Sampingnya Kampus ITS, Surabaya) saya sehabis pulang ngampus selalu mampir kesitu. Nggak tahu kenapa lidah saya bisa cocok gitu. Hidangan yang di tawarkan juga banyak pilihan dan yang penting harganya terjangkau bagi saya pribadi. Teman saya kalau datang dari luar kota jalan-jalan ke Surabaya selalu saya jamu di Angkringan ini. Teman dari Jakarta, Tanggerang, Malang, Gresik, Lamongan, dan Jember. mereka bilang rasaya "Lumayan Enak ini!!!". Oiyah lupa, menu andalan di setiap Angkringan adalah KOPI JOSS. Tau apa kopi Joss itu? Kopi joss itu sama pada umumnya dengan kopi yang lain, hanya saja ada tambahan Arang yang panas (Berwarnah Bara Api). Itulah yang membedakan kopi pada umumnya.

Sekian dulu cerita saya dari, ini hasil observasi saya di lapangan, saya bercerita ini berdasarkan kondisi di lapangan. ~Melihat, Mengamati, dan Menulis~ 
 HIDUP ANGKRINGAN. . .
JOGJAKARTA I'M COMING . . . 
ANGKRINGAN I'M COMING. . .
NGOPI? YO ANGKRINGAN. . .


M H . Chifdzuddin
07 Januari 2014
Kamar Kost Perum IKIP A165

29 komentar :

  1. Gak beda sama jogja. disetiap sisi jalan selalu ada angkrigan bahkan di gang-gang kecil. makanannya yang murah dan merakyat bikin orang ketagihan dateng kesitu ataupun hanya sekedar ngopi dan bersendau gurau.. uhhh ngangenin banget dah..

    Ohh iya, folbek ya sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya salam kenal sob....
      Angkringan memang bagian dari hidup Mahasiswa. cita rasa makanan dan kopinya pas di lidah-lidah mahasiswa.
      Yang paling penting adalah angkringan tempat meresolusi hidup..

      Hapus
  2. padahal mau posting beginian juga, ehh udah keduluan muehehe..
    iya disamarinda juga lagi menjamur yang namanya angkringan Jogja, tapi gak sesuai sama harga yang dijogja, kalo dijogja nasi kucing cuman 2000 disamarinda ko 5000 ya? dikit lagi --''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. maaf loh broo..keduluan saya.. jadi nggak enak saya.
      dari samarinda toh. Salam kenal ya broo... wah.. kok mahal banget.. tapi nggak kagetlah, sepengetahuan saya memang di samarinda biaya hidup emang mahal. Iya nggak bro?

      Hapus
  3. di depok juga mulai banyak, ada beberapa tempat yang buka angkringan kaya di jogja, tapi blum nyoba >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Rugi banget kalau nggak ngecoba angkringan. Sangat merakyat pokoknya Angkringan.. Segeralah mencoba kawan. Salam kenal ya?.

      Hapus
  4. kaya sekarang angkringan gak cuma bisa ditemuin di jogja doang yah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Virus Angkringan sudah menjalar ke kota-kota lain di Indonesia. Saya kasih jempol buat angkringan. hehe.. kalau saya kemana-mana kan enak, karena di setiap kota ada angkringan. #FansANGKRINGAN. :-D

      Hapus
  5. aaaaa, lama nya gak ngerasain angkringan
    jogjakarta punya banyak cerita buat saya walau saya lahir bukan disana
    walau saya juga bukan besar disana

    tapi karena nama saya ada darah Jogjanya *loh
    haha
    kangen jogja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roro bukannya nama jawa yang artinya "Dua" ya?. hehehe
      memang Jogja punya cerita apa?.. kayaknya nggak bisa terlupakan nie.. :-D
      Liburan ke jogja saja.. langsung Cuz..

      Hapus
  6. gue malah sampe saat ini belum pernah nyoba angkringan itu kaya gimana *jadul banget ya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di paksakan nyoba itu kamu. hehe.
      memang namanya jadul, tapi yang jadul-jadul itulah yang di cari. bukan begitu?..

      Hapus
  7. baru tau ada bapak angkringan Jogjakarta hahaha
    aku juga suka tuh kumpul sama teman di angkringan, soalnya ga ada batasan waktu buat tetep nngkrong disana hiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak angkringannya malah bukan dari jogja. mala dari klaten.
      Angkringan adalah tempat membangun Resolusi. ya nggak?

      Hapus
  8. asoyyy banget sampai dikasih alamat kost macem itu. hahaha..
    ah, jadi dari jogja gitu yaaak, jadi kita makan sambil nangkring makanya dinamain angkringan @.@
    emang mahasiswa tu sarat akan hal murah demi kantong yang terus terjaga yak, sama bingit kayak gue dulu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. detail banget bacanya. iya di kasih begitu biar saya ingat dimana saya bikin ini artikel. Maklum catatan sejarah saya harus benar-benar jelas.
      Iya sambil nangkring. ya beda tipislah sama di warung bakso yang kursinya panjing. sama-sama nangkring. sudah coba belum kamu itu?.
      Maklum, Minimnya dana dari orang tua, kita harus me manege sebaik mungkin. makanya makan juga harus mengirit. demi menyambung hidup. hehehe

      Hapus
  9. Ah angkringan memang idola mahasiswa ...

    Di Semarang adanya warung kucingan, sama persis kayak angkringan menunya. Paling bedanya cuma kopi joss itu..

    Keren loh, sampe nyeritain sejarah angkringan juga... Gue baru tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya kok unik gitu. mungkin karena nasi kucingnnya...
      Sepengetahuan saya saja bang. hasil baca-baca saja.
      Mohon bimbingannya bang... Thanks sudah singgah di Kubangan Kehidupan. :-D

      Hapus
  10. sebenernya yang bener itu angkringan ato angringan sih...beda 1 huruf tuh...
    dan kamu pake dua2nya....

    iya, di jogja angkringan ada di tiap 1 meter di lokasi wisata...kopi joss-nya enak btw...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang benar itu Angkringan. maaf kalau ada kata "Angringan" berarti saya salah ngetik.
      Iya.. bikin ketagihan. konon katanya Kopi Joss itu mempunyai manfaat karena arang itu.
      Salam Kenal Miftah Faradisa. terima kasih sudah nangkring di Kubangan Kehidupan. Jangan bosen-bosen nangkring disini pokoknya. hehe

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Angkringan Banyu Anget itu owner nya temenku bro. ngomong2 rumahku di Gunung Anyar loh,,
    kalo ke angkringan aku paling suka kopi susu sama sego kucing, joss tenan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Kuliah di UPN sini bang. Kost ku malah di Perum IKIP nya... wah iso kopdar bareng iki... hahaha...

      Hapus
  13. Gue pernah sekali nongkrong di angkringan Malang. Hahaha... Asik sih, cuman makanannya gak biasa di lidah gue, makanya cuman minum kopi doang. :3

    BalasHapus
  14. angkringan sahabat para mahasiswa.
    udah lama nih gak ngangkring selama jadi mahasiswa.
    kangen nasi kucing :3

    BalasHapus
  15. maaf baru sempet blogwalking,,, ankringan itu maksudnya sejenis tempat nongkrong yah di tempat yang jual makanan gtu,, duhh ngeliat makanan diatas saya jadi lapar nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempat nongkrong yang merakyat dan murah meria banget. makanya rame di kunjungi para Mahasiswa. Ya kayak kedai Kopi. seperti itu.
      Iya nggak apa-apa, thanks banget sudah meninggalkan jejak di Rumah saya ini. hehehe
      Salam kenal Zhie.

      Hapus

You might also like

 

Kubangan Kehidupan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...