Senin, 06 Januari 2014

Kota Metropolitan, Kota Padatpolitan.

,
Kota Metropolitan, Kota Padatpolitan. Mungkin predikat itu lebih cocok disandang kota yang berjuluk Kota Besar di Indonesia ini. Dibalik semakin majunya kota ini, kemacetan dan kepadatan di kota ini semakin tak karuan.
Potret Kemacetan di Kota Surabaya
Untuk sebagian orang yang sering mengunjungi Kota Metropolitan ini, pasti merasakan perbedaan yang mencolok. Selain bertambah metropolis, juga semakin lama semakin padat. Tak tanggung-tanggung, surat kabar langganan saya pun menuliskan, kemacetan di kota ini meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai contoh Kota Surabaya. Tahun 2011, Surabaya mendapat level E untuk masalah kemacetan, namun sekarang sudah berlevel F (diam). Frontage road yang dibuat oleh Pemerintah kota (Pemkot)  sepertinya tidak berfungsi maksimal. Bagaimana tidak, frontage road yang semestinya digunakan untuk memecah kemacetan, malah digunakan pedagang kaki lima untuk menjajakan dagangannya. Ya nggak?
Potret Kemacetan di DKI Jakarta
Tak ayal, Kota - kota metropolitan pun jadi tidak nyaman lagi untuk ditinggali. Selain karena padat, juga sekarang sangat panas. Apa karena semakin banyaknya kendaraan bermotor di jalanan ya? Tapi ini jadi sebuah dilema karena yang dulu sangat nyaman untuk ditinggali, kini jadi semakin tidak menyenangkan. Iseng-iseng saya browsing, akhirnya ketemu sebuah berita yang menyatakan Kota Metropolitan sudah tidak nyamaan ditinggali. Ini sedikit kutipannya: 
“Menteri Perumahan Rakyat (Menpera), Suharso Monoarfa, menyatakan sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung sudah tidak nyaman lagi untuk dijadikan tempat tinggal. Sebab selain kepadatan penduduknya sudah terlalu tinggi, tata ruang kota serta sarana transportasinya juga belum memadai.”
Potret Kemacetan di Denpasar, Bali 
Lalu, siapa yang harus disalahkan untuk masalah ini? Pemerintah? Atau diri kita sendiri? Kita yang sendiri yang mampu menarik kesimpulannya sendiri. Ya nggak?
Terimah Kasih Sudah Membaca.
M H . Chifdzuddin
06 Januari 2014
Kamar Kost Perum IKIP A165

0 komentar to “ Kota Metropolitan, Kota Padatpolitan. ”

Posting Komentar

You might also like

 

Kubangan Kehidupan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...